Senin, 26 November 2012

Cinta, butuh atau Pengin?


diskusi tentang needs ato wants  sempet menggelitik pikiran saya pas kuliah "penggunaan data untuk kebijakan kesehatan". Dulu, dosen saya sempet bilang, kalo kebijakan saat ini terutama yang berkaitan dengan kesehatan lebih fokus ke wants bukan needs. artinya bukan hal yang justru dibutuhin sama rakyat tapi hal yang dipenginin rakyat. niat penguasa sih pengin menjaring kembali suara rakyat lewat kebijakan yang lebih ngasih ikan daripada kail, tapi justru keputusan seperti itu yang bikin rakyat ga bisa mandiri. padahal pencapaian kemandirian suatu negara bisa jadi indikator untuk mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh dan dinamis. itulah kenapa Iran tak gentar ketika ditekan menghadapi berbagai bentuk sanksi atau embargo pleh negara barat. hadehhh, apasiiii, jadi bahas hal yang berat kaya gini.

so, pembuka yang super berat tadi (menurut saya) sebenernya jadi awal tergelitiknya lagi pikiran saya tentang butuh ato pengin. kali ini bukan dikaitkan dengan kesehatan, kemandirian atau ketahanan. tapi dikaitkan dengan cinta.eaaaa.
diskusi super hangat memang kalo bahas tentang cinta yaaa. bahkan lagu cinta ga ada habisnya sampe-sampe ada grup band yang nyanyi 'lagu cinta melulu"  yang pasti ga ada habisnya dah!hehehe. Well, cinta antara butuh ato pengin awalanya terjadi karena cerita salah satu temen yang bilang bahwa temennya temen (ribet yaak :P) ada yang ngerasa menemukan pasangan lain (selain istri) yang justru match hatinya dibanding sama istrinya. apa yang terjadi dengan sang suami? dia bilang "lw pernah ngerasa ga sih ketemu seorang cewe yang bukan istri kita tapi kita ngerasa nge feel banget sama dya, hmm, mungkin cinta gw sekarang bukan yang gw inginin tapi yang gw butuhin"  hmm. kalo jadi istrinyaaa. bener-bener ga bisa ngomong lagi.

sebenernya, cinta itu pengin ato butuh sih?apa sama kaya kebijakan yang harusnya diaplikasiin antara penguasa dengan rakyatnya?tuhan dengan hambanya?jujur, pas saya masih masa-masa labil (pernah juga :D), cinta itu saya definisikan sebagai pengin, artinya pasangan yang kita dapatkan benar-benar yang saya inginkan (penginya ganteng, pinter, dll hehehe). sampe-sampe ada status orang dalam FB yang saya ga setujui  "cinta itu mempersilahkan bukan menunggu" jelas banget status itu bilang kalo cinta itu butuh bukan pengin. sampai pada detik ini, semua itu akhirnya saya setujui.

memang cinta itu musti butuh!bukan pengin.kaya yang pernah diungkapkan sama mba Asma dalam diskusi di Masjid UI, katanya "carilah pasangan yang membuat anak mu bangga akan ayahnya" kalimat ini selalu saya ulang-ulang karena efeknya yang ngena banget!kalo masih mikirin cinta itu pengin! udah ga jaman kayaknya.

Wisma Resik, ^_^
18 Februari 2011 1.48 am

Tidak ada komentar:

Posting Komentar